11-01-2019 | Dibaca : 907 pembaca

RSUMP BUMIKAN PERSADIA

RSUM PONOROGO BUMIKAN PERSADIA

Hidup Sehat Bersama Diabetes

 

Geliat kemeriahan akhir tahun terasa di Atrium Mall Ponorogo City Center (PCC) pada Sabtu, 29 Desember 2018 lalu. Dalam rangka HUT PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) Unit RSU Muhammadiyah Ponorogo dan memperingati hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tgl. 14 November tiap tahun, PERSADIA Unit RSUM Ponorogo menggelar dan memotori kegiatan Senam Persadia dan Talkshow Kesehatan dengan Tema Hidup Sehat Bersama Diabetes.

PERSADIA RSUMP sendiri merupakan sebuah komunitas masyarakat peduli kesehatan terutama Diabetes Melitus. Adapun kegiatan ini diinspirasi dari keprihatinan bersama terkait semakin meningkatnya kasus Diabetes Melitus baik secara lokal maupun nasional. Di RSUMP sendiri Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu dari 10 penyakit terbesar dan terbanyak diderita pasien baik rawat jalan maupun rawat inap. Dari sisi usia bahkan saat ini penderitanya tidak hanya kalangan usia lanjut tetapi banyak usia produktif juga yang menderita ini.

"Sebagai penyakit degeneratif dengan jumlah penderita relatif tinggi, diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyita perhatian banyak orang, termasuk kami di RS. DM seperti kita tahu merupaka ibu dari banyak penyakit, komplikasi yang disebabkannya tidak main-main, bisa jantung, stroke, katarak, gangrene, hipertensi dll. Kami saat ini berupaya untuk fokus pada pencegahan faktor risiko diabetes melalui upaya promotif dan preventif, untuk itu penting dilakukan pencegahan dan deteksi dini antara lain melalui senam dan edukasi DM." Jelas dr. Iwan Hartono, M. Kes, Direktur RSU Muhammadiyah Ponorogo.

Acara ini dimulai dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kesehatan RSUMP dan diteruskan Senam PERSADIA dipimpin oleh Instruktur Senam PERSADIA RSUMP yang bersertifikat Nasional. Peserta yang berasal dari anggota PERSADIA, tim prolanis Puskesmas dan dari klinik/ faskes pertama di Ponorogo, beberapa Amal Usaha Muhammadiyah di Ponorogo serta masyarakat umum ini gratis tanpa dipungut biaya.

“Kami ingin membumikan PERSADIA ini di Ponorogo. Memang ini merupakan komunitas pertama dan baru satu-satunya di Ponorogo yang khusus mewadahi masyarakat dari kalangan manapun, usia berapapun yang concern dan peduli pada kesehatan terutama Diabetes Melitus.” Sambung dr. Iwan.

Dalam sesi Talkshow pun juga tidak kalah menarik. Bertindak sebagai pemateri dr. Sutowo, Sp.PD, FINASIM dan Direktur RSUMP, dr. Iwan, banyak peserta yang berpartisipasi dengan pertanyaan-pertanyaan seputar penyakit ini dan semakin membuat mereka bersemangat untuk hidup sehat dan nyaman meski dengan DM.

Disisi lain, tim penyelenggara yang diketuai oleh dr. Dian Fikri Rahmawan yang juga sekaligus Ketua PERSADIA RSUMP ini tampak sibuk diserbu peserta yang akan periksa kesehatan, donor darah dan mendaftar anggota baru PERSADIA.

“Silakan bergabung bersama kami untuk mengikuti komunitas ini. Banyak kegiatan rutin yang bermanfaat tiap bulannya, seperti senam dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi anggota PERSADIA RSUMP.” kata dr. Dian. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 sd 11.45 WIB ini dapat menjaring banyak anggota baru yang mendaftar untuk bergabung di komunitas PERSADIA Unit RSUMP.

RSUM Ponorogo saat ini tengah mengembangkan serta melakukan perluasan tidak hanya dari sisi layanan seperti komunitas PERSADIA ini, tetapi juga peningkatan fasilitas dan gedung, sebagaimana saat ini tengah dibangun Gedung Layanan Terpadu 5 lantai KH. Ahmad Dahlan yang rencananya akan selesai dan siap operasional pada pertengahan tahun 2019 ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Acara ini diakhiri dengan pembagian doorprize dari RS dan penandatanganan komitmen bersama hidup sehat dengan DM serta  sesi foto bersama.(*)